Dodolan Kampung Kelurahan Gunungketur dan Kemantren Mantrijeron

Dodolan kampung merupakan kegiatan bersepeda yang rutin dilaksanakan setiap Jumat pagi. Dodolan Kampung Jumat tanggal 4 Juni 2021 kali ini dilaksanakan di Kelurahan Gunungketur dan Kemantren Mantrijeron.

Di Kelurahan Gunungketur terdapat kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari jumat dan sabtu pagi. Kegiatan itu adalah jemparingan atau panahan tradisional gaya mataram, kegiatan ini terbuka untuk umum. Kegiatan ini sudah berlangsung dari sebelum bulan puasa tahun 2021. Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti kegiatan ini bisa datang tanpa dipunggut biaya dan bagi masyarakat yang belum memiliki alat tidak perlu khawatir, karena disana sudah disediakan alatnya.

Selanjutnya bergeser ke Kampung Kumendaman, kampung yang secara tata kelola pemerintahan, ada di dalam kawasan Kelurahan Suryodiningratan, Kecamatan Mantrijeron ini pernah mendapatkan penghargaan juara 1 di tingkat DIY untuk Kawasan tertib lalu lintas. Kampung Tertib Lalu Lintas sendiri dimaksudkan untuk merangsang dan menumbuh kembangkan kesadaran dalam berlalu lintas dari skala kecil sampai skala besar terutama saat melintas di jalan umum lainnya. Di kampung tersebut juga terpasang slogan-slogan maupun banner-banner yang terpasang ditiap sudut kampung tentang peringatan keselamatan berlalu lintas. Harapannya, masyarakat yang tinggal kampung tersebut baik yang datang maupun pergi mereka selalu melihat dan mematuhi imbauan tersebut.

Untuk pemberhentian yang terakhir berada di Kebun hidroponik Kaidrop, kel. Mantrijeron. Ini merupakan inisiatif dari beberapa warga yang ingin memanfaatkan lahan kosong agar lebih produktif. Usaha budi daya tanaman hidroponik tersebut dimulai pada bulan Maret 2020 dengan memanfaatkan lahan kosong milik Pak Heru Budi Setiawan dengan luas lahan awalnya 2x8 meter persegi yang kini sudah diperlebar menjadi 8x16 meter persegi. Sejak mulai berkebun tahun lalu Kaidrop telah panen sebanyak 10 kali dengan jenis sayur di antaranya kangkung, selada, sawi, dan bayam. Saat ini telah dilakukan panen setiap minggu dengan jumlah berkisar antara 100 –180 pak yang hasilnya langsung dijual ke masyarakat.