Bersepeda Sambil Melihat Potensi Desa Prima Brontokusuman

Desa Prima, mungkin masih terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Desa Prima sendiri berarti Model Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri yang selanjutnya disebut Model Desa PRIMA, desa Prima adalah sebuah desa percontohan untuk menanggulangi kemiskinan melalui upaya ekonomi disertai pengurangan beban biaya kesehatan dan pendidikan bagi keluarga miskin, dengan memanfaatkan seluruh potensi/sumber daya baik alam maupun manusia.

Di Kota Yogyakarta terdapat satu desa prima yang berlokasi di Kelurahan Brontokusuman, Kemantren Mergangsan. Desa Prima Brontokusuman merupakan desa prima binaan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta.

Di Desa Prima Brontokusuman hampir semua warganya memiliki usaha dan sudah memiliki anggota sebanyak 30 kepala keluarga. Disini masyarakatnya memiliki berbagai macam jenis usaha mulai dari usaha kuliner seperti pembuatan wingko dan serabi yang bisa dinikmati ketika masih hangat sampai dengan usaha tekstil seperti pembuatan berbagai macam jenis blangkon, tas, kotak kemasan dan jumputan. Produk-produk yang dijual disini sudah banyak yang dipasarkan sampai ke luar kota lho, salah satunya adalah produk tas yang sudah menjadi pemasok rutin di kawasan wisata candi Borobudur dan wingkonya yang sudah dijual sampai ke Bekasi. Tetapi hal tersebut tak terlepas juga dari berbagai macam masalah dan kendala yang ada, terutama pada masa pandemi covid-19 ini dimana penjualan produk-produk mengalami penurunan. Bahkan tak sedikit yang harus banting setir menekuni usaha lainnya agar bisa bertahan ditengah masa pandemi covid-19.

Untuk warga Jogja yuk mampir ke Desa Prima Brontokusuman dan bisa dilarisi untuk produk-produknya. Untuk kualitas dan harganya tidak usah ditanyakan lagi. Yuk bantu produk lokal agar bisa terus berkembang.