Gowes Bersama Keliling Kelurahan Terban

Gowes kali ini berkesempatan untuk mengunjungi Kelurahan Terban Kematren Gondokusuman. Di Kelurahan Terban terdapat beberapa komunitas diantaranya yaitu Komunitas Budidaya Ikan Cupang Betta (KOMBAT). KOMBAT didirikan awal tahun 2021 berawal dari hobi masyarakat dan kemudian menjadi usaha yang layak dijalankan. KOMBAT beranggotakan beberapa kelompok ternak, mereka saling membantu mulai dari pembibitan sampai pemasaran. Benih ikan cupang betta dipelihara sampai umur 3 bulan baru kemudian siap dijual. Ikan cupang betta dijual kisaran harga Rp50.00 – Rp1.000.000 tergantung jenis dan motif warna. Makanan ikan cupang beta yaitu cacing sutera yang juga dibudidayakan sendiri. Umumnya cacing sutera siap dipanen saat umur 1bulan. Masyarakat sangat terbantu dengan adanya komunitas ini, selain hobi yang mendatangkan hasil, kerukunan antar warga juga terjalin erat.

Komunitas lain yaitu komunitas budidaya tanaman hias adenium (3R PLANTS), merupakan komunitas yang sudah lama berdiri. Tanaman hias adenium sangat digemari masyarakat pada tahun 2016 dan banyak masyarakat yang berlomba-lomba merawatnya. 3R Plant sampai sekarang masih memiliki banyak adenium mulai dari bibit sampai yang sudah besar. 3R Plants melakukan strategi pemasaran melalui media masa dan mengikuti pameran. Pameran yang dikutipun berskala nasional. Bibit adenium dijual kisaran harga Rp150.000-Rp750.000 dan adenium yang sudah besar mencapai harga puluhan juta.

Tim Dodolan Kampung bergeser ke kampung Sagan. Disana terdapat komunitas yang Bernama Kelompok Sapto Asri yang membudidayakan tanaman jahe merah. Setiap hari ada masyarakat yang bertugas untuk memelihara tanaman budidaya dan kegiatan bersama dilakukan setiap minggu. Tanaman budidaya diantaranya seperti jahe merah. Jahe merah yang dihasilkan sangat banyak sehingga bisa dijual ke pasar atau masyarakat sekitar. Contoh kegiatan seperti ini sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat. Selain untuk menjalin kerukunan warga masyarakat, hasil panen juga dapat digunakan untuk meningkatan kesejahteraan perekonomian.