Jelajah Kelurahan Purwokinanti

Dodolan Kampung yang dilaksanakan tanggal 18 Maret 2022 berlokasi di Kelurahan Purwokinanti. Kelurahan Purwokinanti secara administratif terletak di Kemantren Pakualaman dan memiliki 10 RW dan 47 RT serta 4 kampung yang terdiri dari Kampung Jagalan Ledoksari, Kampung Jagalan Beji, Kampung Purwokinanti dan Kampung Kepatihan.

Rombongan yang dipimpin Bapak Wakil Walikota Yogyakarta bersepeda menuju Kelurahan Purwokinanti melintasi jalan Kusumanegaran, titik lokasi pertama yang di kunjungi yaitu sentra pembuatan batik tulis dan batik cap yang diberi nama “KRU (Kelompok Rintisan Usaha) Batik Purwo Taruntum”. Batik Purwo Taruntum berawal dari sekelompok anggota (20 orang) dengan kegiatan batik tulis yag diselenggarakan atas bantuan pemerintah melalui BKM Purworahardjo pada tahun 2014, kemudian berkembang dilanjutkan pelatihan dari DP3P2KB Kota Yogyakarta. Awalnya mereka mengembangkan motif Pakualaman, seiring perkembangan teknologi dan peran serta Dana dari Pemerintah melalui Musrenbang, Kelompok Batik Purwo Taruntum mendapat pelatihan pembuatan batik cap, batik jumputan, batik abstrak, batik dingin, batik pewarna alam, dan batik sibori. Range harga batik tulis yaitu antara Rp1.000.000 – Rp.3000.000 dan batik cap antara Rp100.000 – Rp150.000. Motif batik terbaru saat ini yaitu motif “Batik Berlian” (Bersih, Peduli, Indah, dan Nyaman). Pemasaran yang telah dilakukan yaitu melalui media sosial, galeri, dan pameran. Penjualan yang sudah dilakukan yaitu Jakarta, Kalimantan, Yogyakarta, dan Yogyakarta. Rencana kedepan yang akan dilakukan yaitu memperluas media pemasaran melalui website, pameran, leaflet dan galeri.

Tidak jauh dari sentra batik, terdapat RTHP yaitu “Taman Purwokinanti” yang bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk berkumpul dan bersilaturahmi. Selain itu RTHP Taman Purwokinanti juga ramah anak, jadi anak-anak bisa bermain dengan leluasa dan bebas.

Rombongan gowes bersepeda menyusuri jalan tengah kampung yang masih asri dan banyak terdapat Lorong sayur, hal ini membuktikan bahwa kesadaran warga untuk membangun kampung yang asri dan bermanfaat sangat tinggi. Selanjutnya rombongan sepeda mengunjungi UMKM Pengrajin Kuningan “Walidi”. Cinderamata dalam bentuk miniature sepeda, vespa, becak, delman, lonceng, dan masih banyak lagi lainnya. Harga miniature bermacam-macam mulai dari harga Rp6.000 – Rp430.000. cinderamata telah dijual di Toko Oleh-Oleh disekitar Yogyakarta, Malioboro, dan Hotel di Yogyakarta. Residence dan Work Shop Walidi berlokasi di Jl Gadjah Mada Pujowinatan PA I / 747 Gg. Gotong Royong Yogyakarta. Telepon (0274) 547122 dan walidi_craft@yahoo.com