TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0734/Kota Yogyakarta Resmi Ditutup

TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Kodim 0734/Kota Yogyakarta yang bertempat di Kelurahan Prawirodirjan, Kemantren Gondomanan resmi ditutup, Rabu (24/08/2022). Penutupan ditandai dengan pemukulan bende serta penandatanganan berita acara pelaksanaan kegiatan dan prasasti oleh Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto bersama Pj. Walikota Yogyakarta Sumadi, S.H., M.H.

Kegiatan penutupan TMMD dilaksanakan di halaman Balaikota Yogyakarta Jalan Kenari No. 56 Mujamuju Kemantren Umbulharjo Yogyakarta dengan dihadiri Pj. Walikota Yogyakarta Sumadi, S.H., M.H., AKBP Fahmi Arifitrianto (Wakapolresta Yogyakarta). Kemudian Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan, S.I.P. (Kasdim 0734/Kota Yogyakarta), Mayor Cba Wiwik (Pasi Log Rem 072/Pmk), Ella Gunadia Ratna Dewi, S.H (Jaksa Fungsional Kejari Kota Yogyakarta), Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. (Ketua PN Kota Yogyakarta), se-Danramil Jajaran Kodim 0734/Kota Yogyakarta.

Pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022 dimulai sejak 26 Juli hingga 24 Agustus 2022 atau selama 30 hari di wilayah Kelurahan Prawirodirjan, Kemantren Gondomanan. Program TMMD Tahap II dilaksanakan dalam dua kegiatan yaitu pembangunan fisik berupa pemasangan paving block di jalan permukiman seluas 444 meter persegi, pembuatan sistem penampungan air hujan 12 unit, rehab rumah tidak layak huni 10 unit, pembangunan MCK 4 unit, dan rehab Balai RW 1 unit.

Selain pembangunan fisik, pada program TMMD Tahap II juga dilakukan pembangunan non fisik. Beberapa kegiatan tersebut antara lain adalah sosialisasi pencegahan penggunaan narkoba, bela negara dan cinta tanah air, serta pencegahan stunting dan cara hidup sehat kepada warga Kelurahan Prawirodirjan. Kemudian diberikan juga beasiswa pendidikan kepada beberapa siswa SD dan SMP di Kelurahan Prawirodirjan.

Sumber dana pelaksanaan program TMMD Tahap II berasal dari APBD DIY sebesar 75 juta rupiah, APBD kota Yogyakarta 402 juta 550 ribu rupiah, BAZNAZ Kota Yogyakarta 125 juta 600 ribu rupiah, dana swadaya masyarakat 15 juta rupiah. Sehingga total dana program TMMD Tahap II yang menyasar Kelurahan Prawirodirjan, Kemantren Gondomanan adalah 618 juta 150ribu rupiah. Sementara itu jumlah personil dalam pelaksanaan TMMD Tahap II sebanyak 66 orang yang merupakan gabungan dari Kodim, Polresta, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD )Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yang dibacakan Dandim Arif Harianto, disampaikan bahwa melalui Program TMMD diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong antara TNI, POLRI, dan masyarakat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dandim juga mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya TMMD ini. Setelah pelaksanaan TMMD, Kodim akan melaksanakan evaluasi khusus untuk tim Satgas itu sendiri.

“Saya selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ini, terdapat tutur kata, sikap dan tingkah laku para prajurit saya yang tidak berkenan di hati masyarakat. Saya yakin itu bukanlah unsur kesengajaan,” tutur Letkol Inf Arif Harianto.