Kepala Bagian Kesra Setda Kota Yogyakarta Hadiri Biannual Tourism Forum

Pada hari Rabu (01/02/2023) bertempat di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Retaningtyas, S.STP., M.I.P. berkesempatan hadir dan menjadi narasumber dalam kegiatan Biannual Tourism Forum dengan tema “Peran Penting Masyarakat dalam Pembangunan Pariwisata Terintergrasi dan Berkelanjutan’’. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut Retaningtyas, S.STP., M.I.P. menyampaikan materi pembahasan mengenai Program dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat. Dalam pembahasannya diharapkan masyarakat desa/kampung wisata akan memperoleh informasi program/kegiatan Pemerintah Daerah yang terkait pemberdayaan masyarakat yang dapat disinergikan/dikolaborasikan dengan program pengembangan desa/kampung wisata.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan diadakannya Biannual Tourism Forum kali ini. Yaitu mempertemukan para pengelola desa/kampung wisata dengan para pemangku kepentingan dalam sebuah forum diskusi, yaitu pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak industri/pelaku usaha pariwisata, dan masyarakat yang terlibat untuk menemukenali berbagai tantangan, peluang, dan hambatan dalam pengembangan pariwisata khususnya dalam memberdayakan masyarakat untuk memajukan ekonomi melalui pariwisata.