Kota Yogyakarta Berangkatkan 353 Calon Jemaah Haji Tahun 1444H/2023M

Bertempat di Grha Pandawa Komplek Balaikota Yogyakarta, Kamis (8/6/2023) pagi Pemerintah Kota Yogyakarta melepas keberangkatan 353 calon jemaah haji tahun 1444H/2023M. 353 calon jemaah haji tersebut tergabung dalam satu kloter SOC yang semuanya merupakan calon Jemaah haji asal Kota Yogyakarta. Pelepasan calon jemaah haji ini dilakukan oleh Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo.

Dalam acara pelepasan tersebut tangis haru dari para pengantar mengiringi keberangkatan para calon Jemaah haji. Mereka tak kuasa menahan tangis ketika melihat bus yang ditumpangi para rombongan calon jamaah mulai berjalan keluar dari komplek Balaikota Yogyakarta menuju ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali yang kemudian akan terbang ke Jeddah, Arab Saudi. Tangis haru bercampur bahagia ini terjadi karena penantian mereka yang cukup lama untuk bisa menunaikan rukun islam yang kelima ini.

Singgih menyampaikan bahwa 353 calon jemaah haji asal Kota Yogyakarta direncanakan akan terbang ke Jeddah, Arab Saudi pada hari Jumat (9/6/2023) dini hari. Di antara 353 calon jemaah haji, Jemaah tertua yaitu Bp. Mitro Hartono dengan usia 93 tahun dan Sdr. Moh Rizky Widyananto yang berusia 20 tahun.

Singgih berharap agar di perjalanan nanti baik itu dari setelah melakukan ibadah lengkap dengan rukunnya bisa kembali lagi sehat. Sebab, 100 lebih calom jemaah haji kali ini sudah berusia lanjut dan 24 diantaranya merupakan calon jemaah haji lansia dengan kursi roda sehingga perlu perlu perhatian yang lebih dari para pendamping.

Menurut Singgih, calon jemaah haji perlu mewaspadai kondisi cuaca panas di Tanah Suci. Sebab, di Madinah kini mulai memasuki musim panas pada akhir bulan Mei kemarin. Di mana suhu di Madinah bisa mencapai 40 derajat celsius atau lebih pada siang hari.

"Selain suhu udara sangat panas juga kelembaban udara lebih rendah dibandingkan Indonesia. Tentu ini menyulitkan." ujarnya.