Peran Lembaga Sosial Keagamaan dalam Menyukseskan Pemilu 2024 di Kota Yogyakarta

Dalam rangka Pembinaan Lembaga Sosial Keagamaan Kota Yogyakarta Tahun 2023, Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengadakan kegiatan Silaturahmi dan Sarasehan Organisasi Kemasyarakatan dan Lembaga Sosial Keagamaan se-Kota Yogyakarta dengan Tema "Peran Lembaga Sosial Keagamaan dalam Menyukseskan Pemilu 2024 di Kota Yogyakarta".

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Den Nany Resto pada Rabu (15/11) diikuti oleh berbagai macam Lembaga Sosial Keagamaan di Kota Yogyakarta, seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Yogyakarta, Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Yogyakarta, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Yogyakarta, BAZNAS Kota Yogyakarta, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Yogyakarta dan lainnya.

 

Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo dalam sambutannya menyampaikan Fungsi lembaga agama dalam Pemilu ada 2. Pertama, sebagai edukator, bahwa lembaga agama memiliki jamaah dan kelompok masyarakat binaan, maka lembaga agama diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi yang benar tentang Pemilu damai yang jujur dan adil. Kedua sebagai mediator, bila ada masalah yang muncul, lembaga agama bisa mengambil peran untuk mendamaikan dan secara bersama mencari solusi terbaik untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta Retnaningtyas mengatakan, kegiatan tersebut mengambil tema tentang pemilu karena lembaga sosial keagamaan dinilai punya peranan penting untuk mewujudkan pemilu damai juga menjaga suasana rukun di tengah kehidupan bermasyarakat.

Dalam kesempatan yang sama hadir juga Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Yogyakarta Erizal. Erizal menyampaikan mengenai perkembangan tahapan pemilu 2024 dimana masa kampanye akan berlangsung pada 28 November sampai 10 Februari 2023, di mana sejauh ini persiapan pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari mendatang secara bertahap telah dikerjakan. Erizal juga menyampaikan, kejelasan dan kelengkapan informasi menjadi hal yang sangat penting dalam pelaksanan pemilu. Untuk itu pihaknya mengajak agar para pemilih dapat mengakses laman infopemilu.kpu.go.id untuk mencari informasi tentang para peserta pemilu.