Pemerintah Kota Yogyakarta kembali adakan pengajian rutin Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)

Bertempat di Masjid Agung Syuhada Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta kembali mengadakan pengajian rutin Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di tahun 2024 pada Selasa (16/1). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan ditahun 2024 dan akan rutin dilaksanakan setiap dua bulan sekali di Masjid Agung Syuhada Kota Yogyakarta.

Pengajian Forkopimda merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan berbagai pihak, diantaranya adalah Pemerintah Kota Yogyakarta, Kodim 0734/Yogyakarta, Polresta Yogyakarta, DPRD Kota Yogyakarta, Pengadilan Negeri Kota Yogyakarta, Kejaksaan Negeri Kota Yogyakarta dan Kantor Kemenag Kota Yogyakarta. Selain menjadi wadah silaturahmi Pemkot Yogyakarta dan instansi vertikal di Kota Yogyakarta dalam kegiatan tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan pengetahuan agama.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai penceramah pengajian Dr. dr. Sagiran, Sp.B., M.Kes. yang membawakan materi kajian tentang Berobat dengan Sedekah. Menurutnya Secara medis sakit merupakan suatu peringatan (warning) mengenai tingkat kekuatan tubuh kita. Jika tubuh kita mengalami satu kondisi, kemudian berakibat sakit, hal itu merupakan peringatan agar kita menghindari kondisi yang sama yang dapat menyebabkan sakit tersebut. Salah satu ikhtiar berobat yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah berobat melalui sedekah.

dr. Sagiran menyampaikan bahwa agar sedekah manjur menyembuhkan penyakit dengan izin Allah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, lakukan dengan ikhlas karena Allah ‘Azza Wajalla. Kedua, sedekahlah dengan harta yang baik dan dicintai. Ketiga, disertai rasa yakin dan pasrah kepada Allah bahwa Allah mampu menyembuhkan. Keempat, hindari keinginan tergesa-gesa minta dikabulkan. Karena prasangka seperti itu dapat menghalangi terkabulnya doa, dan yang terakhir tepat sasaran.