Pengajian Forkopimda Kota Yogyakarta, Ajak untuk Refleksi Diri Songsong Ramadhan

Pemerintah Kota Yogyakarta kembali adakan pengajian rutin Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di tahun 2024 pada Selasa (5/3) di Masjid Agung Syuhada Kotabaru. Pengajian Forkopimda merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan berbagai pihak, diantaranya adalah Pemerintah Kota Yogyakarta, Kodim 0734/Yogyakarta, Polresta Yogyakarta, DPRD Kota Yogyakarta, Pengadilan Negeri Kota Yogyakarta, Kejaksaan Negeri Kota Yogyakarta dan Kantor Kemenag Kota Yogyakarta. Selain menjadi wadah silaturahmi Pemkot Yogyakarta dan instansi vertikal di Kota Yogyakarta dalam kegiatan tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan pengetahuan agama.

Pada kesempatan kali ini hadir sebagai penceramah pengajian KH. Henry Sutopo, Henry menyampaikan bahwa di Yogyakarta ada tradisi padusan yang dilakukan sehari sebelum menjalani ibadah puasa Ramadhan. Tujuannya agar saat Ramadhan datang, umat Islam dapat menjalani ibadah dalam kondisi suci lahir maupun batin.

Henry juga mengingatkan tentang keutamaan berbakti pada orang tua terutama ibu sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 83: “Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada ibu, bapak, para kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata baik kepada manusia, dirikanlah shalat, dan tunaikanlah zakat. Lantas kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling”.