Songsong Idul Adha 1445 H, Pemkot Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memberikan pelatihan penyembelihan hewan qurban yang bertempat di Masjid Pangeran Diponegoro Komplek Balai Kota Yogyakarta pada Selasa (28/5). Kegiatan ini dihadiri oleh 100 orang perwakilan takmir masjid dari 14 Kemantren di Kota Yogyakarta. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini seluruh panitia penyembelihan hewan qurban mengetahui tata cara penyembelihan. Tidak hanya secara syariah, tapi juga dari aspek kesehatan, kebersihan, higienitas baik sebelum dan sesudah penyembelihan.

Selain itu Pemkot Yogyakarta juga mengimbau dalam pendistribusian daging qurban agar tidak lagi menggunakan plastik melainkan dengan bahan organik sehingga bisa meminimalisir sampah di kota Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber utama, Prasetyo Joko yang berasal dari Juru sembelih halal Yogyakarta. Prasetyo mengatakan para petugas penyembelihan hewan qurban harus lebih teliti dalam mengambil keputusan terhadap hewan yang sakit dengan melakukan pemeriksaan secara cermat sehingga nantinya daging qurban yang diperoleh tidak hanya halal tetapi juga juga baik untuk tubuh dan kesehatan.

Prasetyo menambahkan juru sembelih halal selalu berpatokan pada empat hal yang disingkatnya dengan ASUH yaitu aman, sehat, utuh, dan halal. Aman yaitu tidak mengandung bibit penyakit dan bahan kimia atau pun obat-obatan yang dapat mengganggu kesehatan. Sehat karena memiliki zat-zat yang bergizi dan berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan. Utuh berarti tidak dicampur dengan bagian lain dari hewan lain. Kemudian halal karena dipotong dan ditangani sesuai dengan syariat agama Islam.

Selain dibekali dengan materi, para peserta pelatihan juga melaksanakan kegiatan praktik langsung penyembelihan hewan dengan didampingi dan dibimbing oleh Prasetyo.