TMMD Reguler ke-121 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Dukung Percepatan Pembangunan Yogyakarta

Komando Distrik Militer (Kodim) 0734/Kota Yogyakarta kembali menggelar Operasi Bhakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-121 guna mendukung upaya percepatan pembangunan sekaligus mengatasi permasalahan yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. Hal tersebut sesuai dengan tema yang diangkat yakni “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”.

Pelaksanaan Bhakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-121 Tahun Anggaran 2024 KODIM 0734/Kota Yogyakarta resmi dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana bertempat di Halaman Balaikota Yogyakarta Rabu (24/7).

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-121 akan diselenggarakan di Kelurahan Giwangan selama 30 hari. Dimana program kegiatan TMMD Reguler ke-121 diantaranya adalah pembangunan Talud jalan dan pembangunan Balai RW di Kelurahan Giwangan, pembuatan saluran air hujan (SAH) di Kelurahan Sorosutan serta perbaikan 10 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Selain itu, kegiatan lainnya adalah merehab satu unit Mandi Cuci Kakus (MCK), satu unit Pos Kamling, pembuatan tiga unit sumur bor di RA/KB/TPA Bunayya Kelurahan Giwangan, perbaikan Gedung Serbaguna Kelurahan Warungboto, Gapoktan Pelangi Kelurahan Giwangan, serta pembersihan lingkungan dan fasilitas umum.

Selain sasaran kegiatan fisik tersebut, sasaran non fisik juga menjadi hal yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan TMMD Reguler ke-121 ini, sebagai daerah perkotaan perlu adanya penguatan dalam sisi wawasan kebangsaan. Sehingga materi wawasan kebangsaan dan bela negara akan diberikan Kodim 0734/Yogyakarta, termasuk Kamtibmas dari Polresta Yogyakarta, dan penyuluhan dari Dinas terkait di Pemerintah Kota Yogyakarta. Di antaranya kesehatan, sampah yang menjadi problematika dunia, termasuk materi bahaya penyalahgunaan narkoba.